Minggu, 18 Oktober 2015

Sistem Informasi Manajemen dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN



Sistem Informasi Manajemen dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN


Sistem Informasi Manajemen

Istilah sistem sendiri secara etimologi berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘’systema’’yang memiliki makna bagian atau komponen yang saling berhubungan secara teratur dan merupakan satu kesatuan.

 Informasi secara etimologi berasal dari bahasa latin ‘’informationem’’ yang berarti garis besar, konsep atau ide. Sedangkan Manajemen berasal dari bahasa inggris ‘’ to manage’’ yang berati mengatur/mengelola.

Secara terminologi :  sistem informasi manajemen ialah sebuah sistem yang melakukan semua pengolahan transaksi, memberikan dukungan informasi , pengolahan untuk fungsi manajemen dan pengambilan keputusan di dalam suatu organisasi. 


Hubungan sistem informasi manajemen dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN

Dewasa ini ,  setiap negara dituntut untuk mengembangkan atau meningkatkan teknologi yang saat ini sedang digunakan oleh negara tersebut. Adapun Indonesia termasuk di dalamanya.  Indonesia sendiri saat ini sedang dituntut untuk mengembangkan dan meningkatkan sumber dayanya sehingga setiap organisasi dan perusahaan mempunyai kompetensi dan kinerja yang mampu bersaing. Kompetensi dan kinerja yang dapat bersaing bisa di diperoleh dengan cara pengembangan atau peningkatan teknologi yang saat ini sedang digunakan. Teknologi yang dimaksudkan adalah sistem informasi manajemen atau sistem informasi yang mengatur suatu kegiatan organisasi dalam perusahaan atau instansi pemerintah. Hal ini tentunya di dasari atas berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN.


Berikut peranan sistem informasi manajemen dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN :


1.       Membangun Broadband

Di era MEA , sistem perdagangan di seluruh kawasan Asia Tenggara di desain memakai NSW ( National Singgle Windows ).

sebagai upaya mendukung atau menghadapi NSW pemerintah membangun broadband.

Broadband adalah proses pengiriman dan penerimaan data melalui sistem jaringan telekomunikasi dengan kecepatan tinggi .

Pemerintah telah membangun 50 ribu kilometer serat optik di beberapa perairan dalam sebagai upaya konektivitas. Dengan pemanfaatan sistem informasi manajemen , suatu negara dapat membuat produksi lebih efisien , merubah proses kerja yang pada akhirnya akan mengakselerasi perekonomian.



2.       Memperluas  perdagangan melalui jaringan elektronik

Contohnya seperti penggunaan perangkat Handphone untuk bisnis







Note :

  • ·           National Singgle Windows ialah sistem elektronik yang terintegrasi secara nasional, yang dapat diakses melalui jaringan Internet (public-network), yang akan melakukan integrasi informasi berkaitan dengan proses penanganan dokumen kepabeanan dan dokumen lain yang terkait dengan ekspor-impor, yang menjamin keamanan data dan informasi serta memadukan alur dan proses informasi antarsistem internal secara otomatis, yang meliputi sistem kepabeanan, perizinan, kepelabuhanan/ kebandarudaraan, dan sistem lain yang terkait dengan proses pelayanan dan pengawasan kegiatan ekspor-impor (finansial bisnis.com)  
  •     Serat optik ialah sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain ( wikipedia.com )


         

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar